Pages

Link list 4

Kamis, 15 Desember 2016

[Review] Logitech G610 Orion Brown

logitech g610
(Logitech G610)

Kali ini kita akan membahas Logitech G610 Orion Brown, yaitu keyboard mekanik dengan switch Cherry MX Brown yang dikenal dengan tactile feel-nya. Harganya berapa? Yang ane tau pasarannya saat ane posting ini mungkin sekitar Rp. 1.400.000. Mahal juga ya dibanding keyboard biasa? Keyboard mekanik memang biasa dikenal punya harga yang lebih mahal dibanding keyboard biasa yang masih make membran, dan harga ini juga sesuai dengan kualitas yang diberikan yaitu switch Cherry MX yang memang lebih mahal (buatan Germany), dan juga build quality dari body hingga keycaps yang berkualitas. Keyboard ini juga memiliki lighting LED putih yang bisa disetel mode pencahayaannya jadi breathing, wave atau key press. Kabelnya udah braided, terus ada tambahan media key, volume knob dan tombol game mode (buat matiin tombol windows kalau yang sering kepencet pas lagi main), tapi sayangnya ngga ada tombol macro tambahan dan USB passthrough pada keyboard ini.

G610 Cherry MX Brown switch
(G610 Cherry MX Brown switch)

Soal bentuknya yang simpel ngga ada menunjukkan bentuk sebuah keyboard gaming, cuma persegi panjang tanpa sudut yang aneh-aneh. Bisa jadi hal positif atau negatif tergantung selera masing-masing. Nah kalo ane ringkas jadi poin penting pro dan kontra jadi seperti berikut.
PRO :
- switch yang digunakan Cherry MX
- ada media key dan volume knob
- kabel udah braided
- build quality yang cukup kokoh
- udah pakai LED

KONTRA :
- ngga ada macro key
- ngga ada USB passthrough untuk nyolokin peripheral lain atau flash drive via keyboard ini
- LED masih belum RGB hanya berwarna putih

RELATIF (tergantung yang menggunakan) :
- bentuk yang simpel
- switch tipe tactile (brown)

Jadi kesimpulannya keyboard mekanik G610 apakah worth atau tidak dengan harga yang disebutkan tadi? Worth sih iya tapi kalau recommended...... Tergantung, soalnya kembali ke bentuknya, untuk range harga kurang lebih sama ada pilihan lain seperti Corsair Strafe atau Cougar Attack X3 dengan bentuk yang lebih gaming dan pilihan switch yang lebih beragam seperti clicky blue, atau linear red, atau sesama bentuk simple juga ada Ducky One. Tapi kalau memang suka dan klop dengan model G610 ini dan tipe switch tactile (G610 yang masuk Indonesia hanya Cherry MX Brown), ngga bisa dipungkiri keyboard ini bisa jadi salah satu pilihan karena build quality-nya juga bagus dan kalau menggunakan peripheral gaming Logitech lain dapat terintegrasi ke satu software Logitech Gaming Software aja (jadi ngga perlu banyak software). Semoga review ini dapat membantu teman-teman apakah keyboard ini masuk ke kategori yang diinginkan atau bukan, dan sedikit memberi gambaran sebelum membelinya.

by : Mundy Tech Review

Tidak ada komentar:

Posting Komentar